Minggu, 13 Desember 2009

                       








Oleh :
Muhamad Nasrullah ( 5209100704 )
Periode 2009/2010



 # Main #
package nasrul_5209100704;
/**
 *
 * @author Nasrul
 */
public class Main {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
       
 DeskPhone Nasrul = new DeskPhone(); // membuat objek Deskphone            (1)
        System.out.println("============");
        System.out.println(" DeskPhone  ");                    (2)
        System.out.println("============");
       
 Nasrul.setMengangkattelepon();                        (3)
        System.out.println("memanggil" +" " +Nasrul.getMemanggil());        (4)
        // memanggil fungsi "memanggil"
        System.out.println( "biaya menelpon selama 50 menit sebesar Rp" +" " +Nasrul.getBiaya()); (5)
        // memanggil fungsi biaya
       
  Nasrul.setMenutup();                                (6)
        System.out.println();                            (7)

  MobilePhone Nas = new MobilePhone(); // membuat objek Mobilphone    (8)
        System.out.println( "=============" );
        System.out.println( " MobilePhone " );
        System.out.println( "=============" );
  Nas.setTampilkanMenu();                            (9)
        System.out.println( "biaya menelpon selama 30 menit sebesar Rp" +" " +Nas.getBiaya());
        // memanggil method biaya                        (10)
 
  Nas.setMengangkattelepon();                           
        System.out.println( "Haiiii terkirim ke"  +" " +Nas.getMemanggil());        (11)
        //memanggil fungsi " memanggil"
     Nas.getMemilihMenu();                            (12)
     Nas.getUpdateStatus();                            (13)
        // get = accesor
     Nas.setMenutup();                                (14)
        // mutator
        System.out.println();                            (15)
    }

}


Keterangan :
1.    Membuat objek dengan nama DeskPhone
2.    Mencetak  kata DeskPhone
3.    Menunjukkan kalau menggunakan  method Mutator (set) dan pula  cara memanggil prosedur Mengangkat telepon dari kelas DeskPhone
4.    Menunjukkan kalau menggunakan  method Accessor (get) untuk mengambil value dari suatu variable sehingga selalu memakai return  value serta menampilkan kata dan memanggil fungsi Memanggil dari  kelas DeskPhone.
5.    Menampilkan kata dan memanggil fungsi Biaya dari kelas DeskPhone
6.    Memanggil prosedur Menutup dari kelas DeskPhone
7.    Menampilkan paragraph baru
8.    Membuat objek MobilePhone
9.     Memanggil prosedur Tampilkanmenu dari kelas MobilePhone
10.    Menampilkan kata dan memanggil fungsi Biaya dari kelas MobilePhone di paragraph baru
11.    Menampilkan kata dan memanggil fungsi Memanggil dari kelas MobilePhone di paragraph baru
12.    Memanggil prosedur memilih menu dari kelas MobilePhone
13.    Memanggil prosedur Updatestatus dari kelas MobilePhone
14.    Memanggil prosedur  menutup menu dari kelas MobilePhone
15.    Menampilkan paragraf baru .

# DeskPhone #
package nasrul_5209100704;                                 (1)

/**
 *
 * @author Nasrul
 */

public class DeskPhone                                     (2)
{
 // field
    private int biaya;                                     (3)
    private int memanggil;
    private int menit;
    private String mengangkatTelphone;
    private String menutup;                               
// private, hanya u/ klas tmpat di definisikannya data.

public DeskPhone() // tdak mempunyai parameter                    (4)
{
    memanggil = 1234;                                   
    menit = 50;
    biaya = menit*10;
    // merupakan pendefinisian
}


public void setMengangkattelepon()                            (5)
    {
        System.out.println( " Mengangkat Telephone " ); //mencetak kalimat " "        (6)
    }

public int getMemanggil()                                (7)
    {
        return memanggil;                                    (8)
        //menyimpan dan mengembalikan data yg telah disimpan dalam memory
    }

public int getBiaya ()                                   
    {
        return biaya;                                    (9)
    }

public void setMenutup()                               
    {
        System.out.println( " Menutup Telephone " );                    (10)
    }

   
}


Keterangan :
1.    Sebuah package ( paket ), yakni merupakan sekumpulan kelas dengan sebuah nama “ nasrul_5209100704”.
2.    Menunjukkan sebuah kelas yang bernama DeskPhone.
3.    Disini menggunakan Method private dimana dapat diwariskan ke class anak namun dalam tiap kelas harus ada.
4.    Constructor dari kelas DeskPhone yang tidak mempunyai parameter, atau kosong.
5.     Keyword void untuk mengawali definisi prosedur yang  merupakan jenis sub program yang jika dipanggil akan melakukan suatu proses tertentu tetapi tidak  diproses di dalam dirinya sendiri.  Mutator (set) untuk mengetahui value dari suatu variable
6.    Instruksi pada prosedur Mengangkattelepon
7.    Tipe data int untuk mengawali definisi fungsi yang berisi bilangan bulat yang merupakan jenis sub program yang setelah dipanggil akan menyimpan nilainya di dalam dirinya. Accessor (get) untuk mengambil value dari suatu variable sehingga selalu memakai return value
8.    “return memanggil”  untuk mengembalikan alur proses nilai yang akan disimpan ke dalam fungsi kepada pemanggilnya.
9.    “return biaya”  fungsinya sama seperti “ return memanggil”, bedanya hanya pada method yang bekerja.

10.    Proses Instruksi pada prosedur Menutup.




# MobilePhone #
package nasrul_5209100704;

/**
 *
 * @author Nasrul
 */
public class MobilePhone extends DeskPhone {                    (1)


    private int biaya,memanggil,menit;                       
    private String mengangkatTelphone,menutup;


public MobilePhone()                                (2)
    {
        memanggil = 7654;                           
        menit = 30;
        biaya = menit*10;

    }

    public void getTampilkanMenu()                        (3)
    {
        System.out.println( " tampilkan menu " );
    }


    @Override                                    (4)
    public int getBiaya()                                (5)
    {
        return biaya;                                (6)                               
    }

    @Override
    public void setMengangkattelepon()                       
    {
         System.out.println( " sembunyikan menu " );                (7)
         System.out.println( " tampilkan menu " );
    }

    @Override                                   
    public int getMemanggil()
    {
        return memanggil;                                (8)
    }

    public void getMemilihMenu()                        (9)
    {
        System.out.println( " sembunyikan menu " );
        System.out.println( " tampilkan menu " );
    }

    public void getUpdateStatus()                            (10)
    {
        System.out.println( " Rizal says such a bloody game yesterday is " );        (11)
    }

    @Override
    public void setMenutup()           
    {
        System.out.println( " sembunyikan menu " );               
    }
}



Keterangan :

1.    Keyword extends untuk menyatakan bahwa kelas MobilePhone merupakan turunan dari kelas DeskPhone.
2.    Constructor dari kelas MobilePhone.
3.    Keyword void untuk mengawali definisi prosedur yang merupakan jenis sub program yang jika dipanggil akan melakukan suatu proses tertentu tetapi tidak diproses di dalam dirinya sendiri. Mutator (set) untuk mengetahui value dari suatu variable
4.    Menunjukkan “ Override”.
5.    Tipe data int digunakan untuk mengawali definisi fungsi yang berisi bilangan bulat dimana fungsi merupakan jenis sub program yang setelah dipanggil akan menyimpan nilai tertentu di dalam dirinya. Accessor (get) untuk mengambil value dari suatu variable sehingga selalu memakai return value
6.    “return biaya “untuk mengembalikan alur proses nilai yang akan disimpan ke dalam fungsi kepada pemanggilnya.
7.     Perintah  untuk “Sembunyikanmenu”
8.    “return memanggil”  sebagaimana “return biaya”.
9.    Sebagaimana perintah no.3
10.     Sebagaimana perintah pada no. 3, namun pada source ini perintahnya adalah untuk meng-update status.
11.    Status yang di Up- date adalah milik saudara Rizal.


Out put :
Output – Nasrul_5209100704(run-single)
init:
deps-jar:
compile-single:
run-single:
= = = = = = = =
 DeskPhone 
= = = = = = = =
 Mengangkat Telephone
memanggil 1234
biaya menelpon selama 50 menit sebesar Rp 500
 Menutup Telephone

= = = = = = = =
 MobilePhone
= = = = = = = =
 tampilkan menu
biaya menelpon selama 30 menit sebesar Rp 300
 sembunyikan menu
 tampilkan menu
Haiiii terkirim ke 7654
 sembunyikan menu
 tampilkan menu
 Rizal says such a bloody game yesterday is
 sembunyikan menu

BUILD SUCCESSFUL (total time: 0 seconds)






   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar