Minggu, 15 November 2009

KEPENGURUSAN
KOPERASI MAHASISWA (kopMA)
ITS SURABAYA

Koperasi adalah salah satu badan usaha yang sekarang ini telah menyebar hampir di seluruh pelosok negeri kita ini, memang koperasi adalah satu-satunya badan usaha yang ada di negara kita aja, di negara lain belum ada yang namanya koperasi, makanya kita sebagai salah satu bagian dari bangsa ini harus merasa bangga, namun tidak hanya bangga saja tetapi kita juga harus menjaga kelestarian dari organisasi ini agar tidak punah / musnah dari negeri kita ini. Caranya ya bermacam-macam, salah satunya kita harus mengembangkan badan usaha ini dengan cara mendirikan badan usaha yang mempunyai basic yang sama. Koperasi didirikan pertama kali oleh Bapak Muh. Hatta, sekaligus beliau adalah wakil presiden Negara Republik Indonesia yang pertama. Badan usaha ini berazaskan kekeluargaan, artinya badan usaha ini mencari keuntungan dan akan dibagi keuntungannya kepada anggotanya, jadi sistemnya bagi hasil, terus segala keputusan dan kebijakan akan dibicarakan bersama ( musyawarah ).
Mungkin itu adalah koperasi yang berda di kehidupan sehari-hari, tetapi jangan dianggap kalau koperasi hanya berada di perkantoran ataupun di instalasi resmi saja, di sekolah-sekolah juga ada yang namanya koperasi, di tingkat perguruan tinggi pun sudah ada yang namanya koperasi. Ambil contoh saja di kampus ITS. Kalau di ITS namanya adalah KOPMA atau Koperasi mahasiswa.
KOPMA Dr. Angka ITS
KOPMA (Koperasi Mahasiswa) ITS dimasukkan sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berada di bawah naungan ITS Surabaya. Nama lengkapnya “Koperasi Mahasiswa Dr.Angka Institut Teknologi Sepuluh Nopember” merupakan sebuah unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang enterpreuner skill (keahlian berbisnis) dan managemen dengan keanggotaan yang bersifat sukarela, serta memiliki struktur organisasi yang dijalankan oleh mahasiswa sendiri, usahanya jelas dan melakukan kerjasama dengan pihak luar, misalnya : KOPMA di kampus-kampus yang lain dan tidak menutup kemungkinan dengan badan usaha lain yang berbeda jenis dan tipe.

Kepengurusan KOPMA Dr. Angka ITS
KOPMA ITS membagi kepengurusannya menjadi dua bagian, yaitu :
1. Pengurus Inti
Pengurus inti Kopma dikepalai oleh seorang Direktur Utama ( Dirut). Direktur utama membawahi 6 orang staff yang juga berfungsi seperti direktur, yaitu : Direktur Riset, Direktur PSDA, Direktur Humas ( Hubungan Masyarakat ) , Direktur A&K, dan Direktur Bisnis. Yang masing Direktur tadi membawahi departemen-departemen.

2. Pengawas
Pengawas dikepalai oleh seorang ketua pengawas. Sedangkan ketua pengawas membawahi 5 orang pengawas.

Job descriptionnya adalah sebagai berikut :
• Direktur utama : bertanggung jawab atas kinerja dari seluruh direksi,dan atas keseluruhan kinerja UKM. Jabatan ini sekarang dipegang oleh Mas Essa.

• Direktur riset : bertanggung jawab atas berlangsungnya kegiatan inovasi (riset, pengembangan, dan penerapan) dari kinerja UKM Kopma ITS. Posisi ini sekarang diduduki oleh Mas Bagus.


• Direktur PSDA : bertanggung jawab atas pengkaderan bagi seluruh anggota UKM Kopma ITS, dan atas pengembangan Sumber Daya dari UKM Kopma ITS. Sekarang dipimpin oleh Mbak Ajeng.

• Direktur Humas : bertanggung jawab atas media komunikasi dan sosialisasi berbagai kebijakan dan kegiatan UKM Kopma ITS serta melakukan aktivitas dalam rangka membangun dan membina hubungan baik dengan elemen-elemen pendukung yang lain. Posisi ini dipegang oleh Mas Christiyanto.


• Direktur A&K : bertanggung jawab atas laporan keuangan (pembukuan) dari UKM Kopma ITS. Di duduki oleh Mbak Novi.

• Direktur Bisnis : bertanggung jawab atas kelangsungan bisnis dari UKM Kopma ITS. Jabatan ini dipercayakan kepada Mas Achmad.
Tugas dari Tim pengawas yang paling pokok ialah mengawasi kinerja dari UKM Kopma ITS yang digerakkan oleh pengurus inti, serta memberikan kritik dan saran terhadap situasi yang telah/akan terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar